Tips Merawat Komputer

Merawat komputer merupakan salah satu kunci agar PC yang miliki tetap bisa berjalan secara optimal dan tahan lama. Dengan kata lain, hal tersebut dilakukan agar software maupun hardware tidak mengalami kerusakan dan masih bisa berjalan dengan baik.

Pada dasarnya, perawatan komputer tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukan perawatan tersebut baik dirumah ataupun di tempat anda bekerja. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat PC anda.

Tips merawat komputer: backup secara berkala

Tanpa bantuan teknisi yang notabene menbandrol harga untuk service komputer yang cukup mahal, anda bisa melakukan beberapa langkah perawatan untuk PC anda.

Tips pertama adalah dengan melakukan backup pada PC secara berkala. Dengan melakukan backup pada komputer,akan sangat berguna untuk menghindari problem atau permasalahan yang tidak diinginkan seperti rusaknya hardisk, file yang terhapus, ataupun hal lain yang dapat menyebabkan berkas atau file tidak dapat dibuka.

Backup dapat dilakukan dengan menggunakan media penyimpanan yang lain seperti flashdisk, floppy disk, ataupun external disk. Dengan melakukan backup, file atau berkas yang tidak bisa diakses atau saat hardisk rusak, anda akan tetap bisa mempunyai backup file pada media penyimpanan yang lainnya.

Tips merawat komputer: pengoperasian yang sesuai prosedur

Tak bisa dipungkiri bahwa menjalankan komputer dengan cara yang benar dan baik akan berdampak baik pula pada kesehatan PC anda. Melakukan prosedur operasi komputer yang sesuai dan benar adalah salah satu langkah cerdas agar PC tetap awet serta bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

Langkah-langkah ini pada dasarnya sangat mudah dan anda hanya tinggal mengembangkan pengetahuan dan pemahaman anda. Mengetahui ergonomi PC juga sangat penting agar anda merasa lebih nyaman saat mengoperasikan PC serta tidak akan mengganggu kesehatan anda.

Tips merawat komputer: menutup program yang tidak digunakan

Multitasking atau menjalankan program secara bersamaan adalah salah satu penyebab lambatnya kinerja dan performa komputer. Hal ini karena memori yang terpakai pada komputer semakin besar dan kemudian mengakibatkan kinerja sistem yang terus menurun.

Untuk mengantisipasi permasalahan ini, sebaiknya anda menutup aplikasi yang tidak digunakan supaya performa dan kinerja sistem PC dapat lebih stabil dan akan memperpanjang umur perangkat PC secara otomatis.

Tips merawat komputer: menghapus program

Dengan keberadaan aplikasi yang telah terinstall di komputer terlalu banyak, akan mengakibatkan kinerja sistem yang tidak dapat berjalan stabil serta membuat PC lelet atau berat ketika menjalankan aplikasi.

Hal ini disebakan resources atau tempat yang terpakai oleh aplikasi yang terinstall memakan space yang berlebihan serta banyak. Hal ini tidak direkomendasikan karena akan berdampak buruk pada perangkat komputer terutama jika PC yang anda miliki hanya didukung dengan spesifikasi yang pas-pasan atau standard.

Oleh karena itu, agar dapat berjalan stabil, sebaiknya anda menguninstall atau menghapus program-program yang sudah tidak digunakan karena keberadaan program tersebut bisa memperlambat kinerja sistem operasi. Anda dapat menginstall kembali program tersebut jika suatu saat membutuhkannya.

Tips merawat komputer: membersihkan komputer

Komponen-komponen pada PC akan dapat berjalan optimal dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Untuk itu, anda harus membersihkan perangkat-perangkat tersebut dari kotoran dan debu yang menempel.

Keberadaan debu dan kotoran yang menempel pada komponen yang ada pada komputer akan mengganggu kinerja dari komponen tersebut.

Misalnya, jika CPU cooler tidak dibersihkan secara rutin, debu dan kotoran yang menempel akan memperlambat perputaran kipas. Hal ini akan berakibat fatal karena PC akan cepat panas bahkan tiba-tiba mati.

Deskripsi: Komputer merupakan kumpulan beberapa komponen yang harus dibersihkan berkala agar debu dan kotoran yang menempel hilang dan komponen dapat bekerja dengan baik.