Tips Mengatasi Baterai Netbook Boros

Laptop dengan baterai yang boros akan menjadi salah satu kendala bagi para pemilik laptop. Bahkan banyak laptop yang dibeli belum ada setahun namun baterinya sudah rusak bahkan hanya mampu bertahan selama satu jam saja.

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan baterai pada netbook rusak. Kemungkinan tersebut bisa jadi karena cara pemakaiannya yang salah atau memang karena baterainya yang rusak atau berkualitas rendah. Untuk itu, anda harus mengetahui tips agar baterai netbook bisa tahan lama dan awet.

Tips mengatasi baterai netbook boros: hal yang harus diketahui

Umumnya, Kemampuan baterai untuk penyimpanan daya akan berkurang dari waktu ke waktu setelah baterai tersebut berumur sekitar satu atau dua tahun.

Cara menggunakan baterai pada netbook juga akan mempengaruhi umur dari baterai tersebut. Secara rata-rata, baterai bisa bertahan dengan baik hingga empat ratus kali pengisian ulang. Setelah itu, kapasitas pada baterai untuk dilakukan isi ulang umumnya akan berkurang.

Solusi pada poin ini adalah menghindari isi ulang baterai netbook terlalu sering sebelum baterai tersebut benar-benar habis dayanya. Charge baterai saat benar-benar hampir habis dan cabut charger saat baterai sudah terisi full oleh daya.

Jika anda berada di area yang terdapat stop kontak, sebaiknya anda menyambungkan laptop dengan listrik dan melepas baterai pada netbook. Dengan kata lain, charger bisa menggantikan keberadaan baterai.

Hal ini direkomendasikan hanya jika anda akan bekerja atau menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Jangan terlalu sering mencabut baterai dari laptop karena hal tersebut akan menyebabkan baik laptop ataupun baterai tidak awet dan cepat rusak.

Tips mengatasi baterai netbook boros: Penanganan baterai boros

Bagi anda yang mempunyai baterai laptop yang boros, anda sebaiknya segera mencari tahu akar dari permasalahan tersebut. Kemungkinan besar, hal itu terjadi karena terdapat banyaknya program atau aplikasi yang lumayan berat yang sedang dijalankan oleh laptop atau komputer anda.

Selain itu, netbook yang sudah terinfeksi virus juga akan menyebabkan baterai cepat habis karena virus dapat menyebabkan sistem pada laptop atau komputer anda bekerja secara terus menerus. Dengan mengetahui akar permasalahan dari borosnya baterai pada netbook, anda dapat mengatasinya dengan langkah yang tepat.

Cari tahulah baterai alternatif yang berasal dari pihak ketiga. Langkah ini disarankan jika laptop benar-benar sudah membutuhkan baterai yang baru. Dengan kata lain, anda tidak harus membeli baterai dari pabrik dimana laptop tersebut dibuat yang pastinya anda akan mengeluarkan uang yang cukup besar.

Sebagai pilihan, anda bisa mencarinya di beberapa situs yang menawarkan baterai untuk netbook yang sesuai dengan model dan tipe yang anda miliki. Umumnya, baterai yang didapatkan dari pihak ketiga dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan baterai dari pabrik dimana laptop tersebut dibuat.

Jika laptop yang anda miliki adalah merk dan model yang cukup populer, anda akan dengan mudah mendapatkan baterai yang sesuai.

Hal lain yang harus dihindari agar baterai laptop anda awet adalah menghindari melepas baterai saat kabel charge menancap pada netbook. Jika anda menemukan layar laptop yang semakin terang, maka hal tersebut berarti ada banyak tenaga yang sedang dibutuhkan pada laptop anda.

Untuk itu, tips merawat baterai netbook pada poin ini adalah meredupkan layar agar baterai bisa awet saat laptop sedang dipakai untuk bekerja atau menyelesaikan tugas.

Deskripsi: netbook didukung dengan keberadaan baterai yang sebaiknya dirawat agar tahan lama dan awet. Untuk baterai boros, harus diketahui permasalahannya dengan segera.