Cara Mengatasi Komputer Eror

Jika anda termasuk orang yang sering berinteraksi dengan perangkat laptop ataupun komputer, tentunya anda sudah familiar dan selalu berkutat dengan aplikasi microsoft windows atau lebih sering disebut sebagai windows.

Aplikasi yang satu ini adalah jantung dari pengoperasian sistem bagi user karena hampir dari sebagian besar aktifitas tentang pengolahan data user adalah menggunakan windows. Sebagai salah satu sistem operasi yang terus berkembang dan dikelola oleh Microsoft, saat ini terdapat versi window yang baru yaitu windows 8.

Namun, meskipun terbaru, anda juga pasti pernah mengalami beberapa permasalahan seperti PC eror yang pada saat digunakan. Anda tidak usah khawatir karena hal tersebut lumrah dan hampir setiap orang juga mengalaminya.

Sebenarnya, windows 8 menawarkan tampilan yang futuristic karena saat anda menggunakan sistem operasi ini, anda seakan-akan sedang menggunakan aplikasi pada layar sentuh di komputer anda.

Hal ini ternyata memang sistem operasi windows B dirancang sebagai salah satu sistem dengan spesifikasi layar sentuh atau touchscreen. Meskipun spesifikasinya canggih, belum tentu menjadi faktor lancarnya performa dan kinerja komputer anda.

Salah satu problem atau eror pada komputer yang sering dijumpai adalah error yang terjadi pada program windows. Untuk mengatasi windows yang eror atau not responding, berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan.

Cara mengatasi komputer eror: mengenali penyebabnya

Sebelum membawanya ke teknisi atau service center, sebaiknya anda mengetahui akar penyebab dari windows yang eror terlebih dahulu siapa tahu anda bisa memperbaikinya sendiri.

Dengan mengetahui penyebabnya, anda akan dengan mudah menentukan cara yang tepat untuk mengatasi sistem operasi windows komputer secara tepat. Ternyata, komputer yang didukung baik dengan windows 8, windows 7, windows XP, ataupun yang lainnya juga sering mengalami eror atau not responding.

Penyebab dari permasalahan tersebut antara lain adalah penuhnya memory yang tersedia pada HDD, terlalu banyak menjalankan berbagai program dan aplikasi secara bersamaan namun spesifikasi dari komputer tidak mendukung hal tersebut.

Selain itu, bisa juga karena sistem operasi komputer anda terkena virus ataupun karena spesifikasi PC anda tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi windows-windows tertentu. Jangan mengotak-atiknya sendiri jika anda tidak tahu pasti langkah yang tepat untuk menangani problem tersebut karena hanya akan menambah kerusakan atau problem pada PC anda.

Cara mengatasi komputer eror dengan windows task manager interface

Jika anda menjumpai windows yang error atau not responding anda tak perlu khawatir. Dengan menggunakan langkah-langkah windows task manager interface, permasalahan tersebut dapat diatasi setelah mengetahui akar permasalahannya.

Tips mengatasi komputer eror yang akan dijelaskan disini tidak berlaku jika spesifkasi PC anda tidak mendukung windows -windows tertentu. Untuk solusi dari permasalahan ini, anda harus mengganti sistem operasi dengan windows yang support dengan spesifikasi pada komputer anda.

Untuk mengatasi windows yang eror atau not responding, pertama-tama anda harus membuka task manager yaitu dengan menekan tombol Alt+Ctrl+Del pada keyboard PC atau laptop anda. Pilihlah applications yang berada diatas layar PC anda. Kemudian, akan muncul beberapa program yang sedang bekerja.

Pilihlah program-program yang eror atau not responding. Jika terdapat program yang not responding atau eror, anda bisa menandai program tersebut dengan menggunakan kombinasi Ctrl. Pilihlah end task. Jika langkah ini masih belum bisa mengatasi permasalahan yang ada pada komputer anda, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan restart PC atau laptop anda.

Deskripsi: komputer terkadang mengalami permasalahan windows yang eror. Mengetahui akar permasalahan dan menggunakan windows task manager interface bisa menjadi solusi.