Cara Mempercepat Loading Komputer

Bagi anda yang menggunakan komputer, tips tentang cara mempercepat PC akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja PC anda secara maksimal.

Namun, akan sangat mustahil jika anda mempunyai PC dengan processor Pentium 4 kemudian anda ingin agar kecepatannya berubah dan menyerupai processor i7 atau i5.

Hal tersebut sangat tidak mungkin kecuali jika anda mengganti processornya dengan spesifikasi yang lebih bagus. Perlu anda ketahui, PC yang bekerja sangat lambat atau lemot biasanya disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah cache PC yang terlampaui banyak, serangan virus, dan juga keberadaan temporary file.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat mempercepat PC anda.

Tips Tentang Cara Mempercepat Loading Komputer

Tips yang pertama adalah matikan aplikasi yang tidak anda gunakan ketika proses startup. Proses ini adalah proses awal dimana komputer akan masuk ke sistem operasi windows.

Jika saat proses tersebut terdapat banyak aplikasi yang dijalankan, kinerja sistem saat pertama masuk secara otomatis terasa lambat dan berat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mematikan aplikasi yang sedang tidak digunakan ketika proses startup.

Langkah mempercepat loading komputer adalah klik tombol start pilih run dan ketikkan msconfig kemudian enter.

Setelah langkah tersebut, pada layar komputer akan muncul dialog system configuration utility. Kemudian anda akan menemukan beberapa tab pada dialog tersebut.

Pilihlah tab startup dan kemudian akan muncul semua aplikasi yang sedang berjalan ketika proses startip berlangsung pada komputer. Hilangkan centang di kolom startup item.

Jika anda sudah yakin, pilih apply untuk perubahan setting yang telah anda lakukan. Dalam poin ini, sistem akan meminta untuk melakukan restart untuk proses pengaplikasian setting yang telah anda lakukan.

Menghapus temporary file juga akan sangat membantu PC bekerja secara optimal. Sebenarnya, keberadaan temporary file dalam sistem komputer bisa mempengaruhi performa dan kinerja PC anda dan menyebabkan PC tersebut menjadi lemot atau lelet.

Sebagai informasi, temporary file merupakan file yang penggunaanya hanya bersifat tidak permanen. Akan berlebihan sekali jika tidak segera dihapus saat file-file atau program program tersebut selesai digunakan.

Untuk menghapus temporary file pada komputer, pilih tombol start, run dan ketikkan temp kemudian enter. Setelah itu, akan muncul file yang telah dibuat oleh sistem. Hapuslah file-file tersebut secara bertahap agar mengurangi space yang tersedia pada hardisk yang kemudian meningkatkan kinerja PC anda.

Cara Mempercepat Loading Komputer: Uninstall Aplikasi

Keberadaan aplikasi yang terlalu banyak akan menyebabkan PC semakin lambat terutama jika spesifikasinya tidak sesuai dengan program aplikasi yang sudah anda install seperti menginstal aplikasi design 3D Max, Solidwodk, Corel Draw X6 pada komputer yang mempunyai processor Pentium IV.

Hal tersebut akan membuat PC semakin lemot bahkan hang. Selain itu, aplikasi game berat juga akan menyebabkan komputer anda semakin lelet. Pilihlah beberapa game medium atau ringan agar kinerja PC anda dapat diandalkan.

Pilihlah aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan pada sistem PC anda kemudian uninstallah aplikasi tersebut agar kinerja PC anda semakin cepat. Untuk cara ini, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah pilih tombol start, control panel, double klik pada add or remove programs.

Di layar akan muncul semua aplikasi yang terinstall di komputer anda. Pilih aplikasi yang ingin di uninstall dengan meng-klik unsintall dan kemudian ikutilah beberapa langkah selanjutnya yang biasanya habnya menekan tombol next hingga finish. Tunggulah hingga aplikasi tersebut benar-benar terhapus dari PC anda.

Deskripsi: komputer dapat bekerja secara optimal dan cepat dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai dan juga aplikasi yang berjalan saat proses startup.